free statistics

Tata Cara Mengurus Pernikahan ke KUA

Menikah merupakan momen sakral yang terjadi sekali seumur hidup. Dikarenakan pernikahan merupakan momen yang bersejarah bagi setiap pasangan, tentu saja semua persiapan pernikahan harus dilakukan sebelum menjelang hari H. Selain mempersiapkan surat undangan dan gaun pengantin, hal terpenting yang wajib diurus oleh pasangan calon pengantin ialah cara mengurus pernikahan ke KUA. Di Indonesia sendiri semua persiapan pernikahan biasanya diurus di KUA (Kantor Urusan Agama). Bagi Anda yang sedang merencanakan pernikahan, penting sekali mengetahui tata cara mengurus surat nikah di KUA.

Cara Mengurus Pernikahan ke KUA

Inilah Beberapa Tata Cara Mengurus Pernikahan ke KUA

Prosedur pertama yang harus dilakukan untuk mengurus prosesi pernikahan di Kantor Urusan Agama, ialah harus memenuhi semua persyaratan di bawah ini :

  1. Surat keterangan menikah (model N1)
  2. Surat keterangan berupa asal-usul (model N2)
  3. Surat persetujuan kedua mempelai (model N3)
  4. Surat keterangan orang tua (model N4)
  5. Surat pemberitahuan tentang kehendak menikah (model N7) jika calon mempelai berhalangan, maka pemberitahuan menikah bisa dilakukan oleh perwakilan wali atau langsung dengan walinya.
  6. Membayar biaya untuk pencatatan nikah Rp.30 ribu.
  7. Bukti Imunisasi Tetanus Toxoid (TT) I untuk calon mempelai wanita, dilengkapi kartu imunisasi beserta imunisasi TT II dari pihak Puskesmas setempat.
  8. Pas foto 3 lembar berukuran 3 x 2
  9. Surat izin pengadilan jika tak ada izin dari pihak orang tua atau wali.
  10. Dispensasi pengadilan yang usianya belum genap 16 tahun bagi calon mempelai wanita dan bagi yang berusia kurang dari 19 tahun bagi calon mempelai pria.
  11. Surat izin pengadilan jika suami berniat untuk memiliki istri lebih dari satu.
  12. Surat keterangan kematian istri/suami yang ditandatangani Lurah/Kepala Desa atau pejabat yang berwenang bagi duda/janda yang ingin menikah sebagai dasar pengisian pada model N6.
  13. Bagi anggota POLRI/TNI harus menyertakan surat izin yang dibuat oleh masing-masing atasan.
  14. Kutipan buku pendaftaran cerai atau talak atau akta cerai bagi yang perceraiannya berlangsung sebelum diberlakukannya UU No.7 tahun 1989.
Baca Juga :  Pesan Undangan Pernikahan - Anaria Wedding Pilihan Tepatnya

Proses Pengurusan Surat Nikah Calon Suami ke KUA

Bagi calon suami, ada beberapa hal yang harus dipenuhi saat mengurus surat nikah di KUA, sebagai berikut :

  1. Datang ke Kantor KUA setempat untuk memperoleh Surat Rekomendasi/Pengantar Nikah, bila calon istrinya berada di alamat luar kecamatan atau luar daerah.
  2. Membawa pengantar RT/RW ke kelurahan setempat agar memperoleh Isian Blanko model N1 sampai N4.
  3. Apabila calon istri masih satu kecamatan/satu daerah, maka berkas calon suami semuanya diserahkan pada pihak calon istri.

Calon suami juga wajib melampirkan akta kelahiran, kartu keluarga, fotokopi KTP, pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar bagi yang calon istrinya di luar daerah, dan pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 5 lembar bagi yang calon istrinya masih satu daerah atau satu kecamatan.

Proses Pengurusan Surat Nikah Calon Istri ke KUA

Bagi calon istri, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan untuk mengurus surat nikah, diantaranya :

  1. Mendatangi kantor KUA untuk mendaftarkan pernikahan berikut pemeriksaan administrasi, bisa dilakukan bersama calon suami dan wali.
  2. Membawa pengantar RT/RW ke kelurahan setempat agar mendapatkan Isian blanko model N1, N2, N2 dan N4.
  3. Calon Istri dan Calon Suami sebelum menikah akan menerima nasihat pernikahan dari BP4.

Calon istri juga harus membawa dokumen-dokumen penting seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu imunisasi TT, kartu KK, akta kelahiran, akta cerai dari pengadilan agama untuk duda/janda, pas foto berlatar biru ukuran 2 x 3 sebanyak 5 lembar, dispensasi dari pengadilan agama jika usianya masih belum menginjak 16 tahun, surat keterangan kematian sang ayah jika sudah meninggal, dispensasi camat jika kurang dari sepuluh hari, surat izin orang tua jika usia calon pengantin masih di bawah 21 tahun, surat kematian istri/suami bagi duda/janda meninggal dunia, dan surat keterangan wali apabila alamat wali berbeda dari pihak Kelurahan setempat.

Baca Juga :  4 Ide Merchandise yang Menarik Secara Visual

Tips Mengurus Pernikahan ke KUA

Agar pernikahan resmi disahkan menurut hukum, agama, kelas sosial, maupun budaya, Anda harus memenuhi persyaratan di atas. Selain itu, perhatikan juga tips-tips mengurus pernikahan sebagai berikut :

  1. Restu dari Kedua Orang Tua/Wali

Sebelum mengurus pernikahan, pastikan Anda dan pasangan telah mendapatkan restu orang tua supaya pernikahan bisa dianggap resmi. Selain itu juga bisa terjalin keharmonisan kedua belah pihak keluarga calon, ini merupakan hal paling fundamental bagi kedua calon mempelai. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan beberapa persyaratan administratif, seperti surat izin kedua orang tua bagi calon pengantin di bawah usia 21 tahun dan surat persetujuan dari kedua calon mempelai.

  1. Menentukan Lokasi Akad Pernikahan

Poin ini juga penting sekali dilakukan, hal ini akan menentukan dimana kantor KUA sebagai tempat berlangsungnya pernikahan. Sebenarnya tidak masalah jika kedua calon mempelai tinggal di satu wilayah atau satu kecamatan, tetapi berbeda bagi calon mempelai tinggal di kecamatan atau bahkan provinsi berbeda. Jika Anda bersama pasangan berbeda domisili, maka penting sekali mengurusi surat rekomendasi pernikahan dari KUA tempat Anda berdomisili.

  1. Mengurus Surat dan Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mendapatkan surat nikah/akta nikah, penting sekali mengurus semua dokumen dan surat-surat yang dibutuhkan sesuai persyaratan yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan memenuhi persyaratan dan cara mengurus dokumen pernikahan di KUA di atas, Anda tinggal mengurus persiapan pernikahan lainnya. Dikarenakan persyaratan dan tata cara di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu, untuk memastikannya Anda bisa mendatangi kantor KUA terlebih dulu!

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel kami (jangan lupa cek juga katalog produk souvenir kami) dan bagi Anda yang sedang merancang persiapan pernikahan, dapatkan berbagai kebutuhan undangan pernikahan, mahar, seserahan, souvenir dan kebutuhan lainnya bisa anda temukan di web kami di anariasouvenir.com

Baca Juga :  Boleh Dicoba, 6 Cara Agar Harga Souvenir Pernikahan Di Surabaya Bisa Ditekan Untuk Berhemat Anggaran

Chat Dengan Kami ?