free statistics

Pro dan Kontra Mengenai Hukum Mencantumkan Gelar pada Undangan

Anda tentu sering mendapatkan undangan pernikahan yang di dalamnya mencantumkan pula gelar akademis atau gelar ibadah kedua mempelainya. Hal ini ternyata menimbulkan banyak anggapan mengenai hukum mencantumkan gelar pada undangan pernikahan. Ada beberapa pendapat yang menganggap boleh saja mencantumkan gelar akademik kedua mempelai pada undangan, tetapi tak sedikit pula yang kurang menyetujuinya.

Hukum Mencantumkan Gelar pada Undangan

Berikut ini beberapa pro dan kontra mengenai hukum mencantumkan gelar pada undangan, diantaranya adalah :

Mencantumkan gelar dalam undangan pernikahan

Menulis nama lengkap dengan gelar akademis maupun gelar ibadah seperti haji atau hajjah dalam undangan pernikahan merupakan salah satu hal yang lazim dilakukan di negara kita. Tak cuma gelar yang dimiliki oleh kedua mempelai, tak jarang nama orang tua masing – masing mempelai juga dilengkapi dengan gelar. Ada bebarapa Pendapat yang pro mengenai pencantuman gelar pada undangan dengan alasan :

  • Dapat membuka pintu rezeki

Salah satu hal yang menjadi alasan bahwa mencantumkan gelar di dalam undangan merupakan sesuatu yang perlu adalah anggapan bahwa hal ini dapat membuka pintu rezeki. Hal ini dapat terjadi apabila tamu undangan Anda memiliki latar belakang pendidikan yang sama dengan Anda dan berniat untuk menjalin kerja sama dengan Anda. Mereka yang tertarik selanjutnya tak jarang akan segera menghubungi Anda. Hal ini dapat menjadi nilai positif karena semakin Anda dikenal, bukan tidak mungkin pintu rezeki untuk Anda dan pasangan akan semakin terbuka.

  • Dianggap sama – sama berpendidikan

Bila dalam undangan pernikahan Anda dengan pasangan mencantumkan gelar pendidikan, tentu saat undangan Anda dibaca oleh tamu yang Anda undang, mereka akan memiliki anggapan bahwa Anda dan pasangan merupakan pasangan serasi dan setara, karena sama – sama berpendidikan tinggi. Anda dan pasangan juga dapat semakin dikenal sebagai pasangan yang memiliki karier bagus dan kehidupan yang mapan.

  • Meningkatkan pride orang tua dan mertua
Baca Juga :  Wedding Souvenir Surabaya Bermanfaat Nan Elegan

Tak jarang di antara pengantin yang memutuskan untuk mencantumkan nama lengkap dengan gelar akademis ini bukan semata – mata dari keinginan pribadi, melainkan permintaan dari orang tua ataupun mertua. Hal ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan pride orangtua atau mertua, karena semakin banyak orang yang mengetahui bahwa anak / menantunya merupakan orang berpendidikan tinggi dan memiliki karir yang baik.

Banyak orang tua beranggapan hukum mencantumkan gelar pada undangan pernikahan adalah hal yang sah – sah saja. Karena banyak orangt ua yang memiliki anggapan hal tersebut memang perlu dan menjadi kebanggaan tersendiri untuknya, apalagi bila dalam menyekolahkan anaknya sampai jenjang perguruan tinggi mereka perlu bersusah payah.

  • Agar lebih dikenal orang lain

Salah satu alasan lain yang menganggap hukum mencantumkan gelar pada undangan itu sah – sah saja adalah karena dapat membantu Anda dikenal oleh lebih banyak orang berikut dengan profesinya. Apalagi bila Anda bekerja dan tinggal jauh dari orang tua. Tentu tak banyak orang yang mengenal latar belakang Anda dengan baik. Dengan mencantumkan gelar, Anda dapat sekaligus memperkenalkan diri sekaligus profesi Anda kepada tamu undangan yang mungkin sebelumnya belum terlalu mengenal Anda.

Pendapat yang kontra mengenai pencantuman gelar pada undangan

Lalu bagaimana alasan banyak yang menganggap pencantuman gelar pada undangan itu tidak perlu? Berikut ini beberapa pendapat kontra mengenai hukum mencantumkan gelar pada undangan, antara lain :

  • Dianggap lebih rendah karena tak memiliki strata pendidikan yang sama

Pendapat ini sering sekali muncul apabila salah satu di antara mempelai memiliki strata pendidikan yang lebih rendah, misalnya mempelai wanita merupakan lulusan S1 sementara mempelai pria merupakan lulusan SMA / SMK. Hal ini dapat mengundang anggapan mulut jahil yang menganggap pasangan pengantin tersebut tidak serasi hanya karena jenjang pendidikan yang dimiliki tidak sama. Yang lebih ngeri apabila ada yang beranggapan bahwa mempelai perempuan seharusnya dapat mendapatkan jodoh yang lebih baik dan menyayangkan pernikahan mereka.

  • Kedudukan tak hanya dinilai berdasarkan gelar
Baca Juga :  Boleh Dicoba, 6 Cara Agar Harga Souvenir Pernikahan Di Surabaya Bisa Ditekan Untuk Berhemat Anggaran

Alasan ini banyak dikemukakan oleh para pemuka agama. Penulisan gelar pada undangan dikhawatirkan akan menimbulkan anggapan bahwa yang tidak bergelar berkedudukan lebih buruk. Padahal kemuliaan hidup dan kedudukan tak hanya datang gara – gara gelar dan tergantung kepada usaha masing – masing orang. Seseorang tidak begitu saja menjadi mulia hanya karena memiliki gelar yang panjang. Untuk menghindari adanya anggapan – anggapan yang kurang tepat yang dapat bertumbuh di masyarakat inilah, akhirnya banyak yang beranggapan gelar akademis atau gelar lain tidak perlu untuk dicantumkan pada undangan pernikahan.

  • Membandingkan karier satu sama lain

Bila tamu yang Anda undang melihat gelar Anda dan pasangan, hal yang pertama dipikirkan adalah mengenai karier Anda dan pasangan. Hal ini dapat menggiring opini yang kurang tepat, apalagi bila Anda dan pasangan memiliki strata pendidikan yang tidak sama. Orang lain akan cenderung memiliki anggapan bahwa yang memiliki strata pendidikan lebih tinggi merupakan yang memiliki karier lebih cemerlang. Padahal bukan tidak mungkin pasangan yang memiliki gelar lebih rendah atau bahkan hanya tamatan SMA / SMK memiliki karier yang lebih baik dan bisnis yang lebih sukses.

Jadi, bila Anda sedang berencana membuat undangan dan masih bingung mengenai hukum mencantumkan gelar pada undangan, hal ini sepenuhnya terserah pada Anda. Anda dapat menggunakan atau bahkan tak membubuhkan gelar apa pun pada undangan pernikahan Anda, tergantung pendapat dan nilai manakah yang lebih Anda titikberatkan.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel kami dan bagi Anda yang sedang merancang persiapan pernikahan, dapatkan berbagai kebutuhan undangan pernikahan, mahar, seserahan, souvenir dan kebutuhan lainnya bisa anda temukan di web kami di souvenirnikah.co.id

Baca Juga :  Souvenir Promosi Surabaya Solusi Merchandise Perusahaan

 

Chat Dengan Kami ?